oleh

Kodim 1305/BT Bersama Instansi Terkait, Gelar Gladi Posko I Bencana Alam

 

Tolitoli – kesiapsiagaan dalam tanggap darurat bencana alam, 1305/BT laksanakan pembukaan Gladi I Bencana Alam Banjir “Tadulako Sakti-19” di Aula Graha manggala kodim 1305/BT, Jalan Magamu kelurahan Tuweley Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli, Selasa (11/6/19).

Gladi Posko I tersebut adalah, Program Kerja Kodam XIII/MDK Tahun Anggaran 2019.

Adapun kegiatan tersebut memaparkan kejadian bencana alam wilayah Kabupaten Tolitoli dan kesiapan siagaan pemerintah daerah dalam tanggap darurat.

Kegiatan latihan gladi posko I akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan mulai dari tanggal 11 sampai tanggal 13 Juni 2019.

Pasintel Kodim 1305/BT, Kapten Arm Ahmad Mulyono dalam paparannya mengatakan, pada saat ini intensitas hujan di kabupaten Tolitoli memanglah sangat tinggi. “Oleh karena itu di perlukan kesiapan personil maupun material untuk menanggulangi bencana,” katanya.

Kepala BPBD, Nur Alam, S.T mengungkapkan, Penyebab terjadinya bencana banjir di kabupaten Tolitoli adalah intensitas hujan yang sangat tinggi dan menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor.

“Kami dari Badan Penanggulangan Bencana Daera Kab. Tolitoli sudah memiliki Peta wilayah daerah rawan bencana,” ungkapnya.

Sementara itu, 1305/BT, Letkol Inf Gunnarto, SH menuturkan, pihaknya selaku komandan kodim 1305/Buol Tolitoli telah mempersiapkan Baik di Desa sebagai babinsa maupun di Kompi 711 dan Makodim 1305/BT dan juga Perlengkapan seperti Dapur Umum.

“Kami berharap di kabupaten Tolitoli tidak terjadi bencana tapi kami selalu mempersiapkan untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut,” tutur Dandim dalam paparannya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Tolitoli, AKBP Hendro Purwoko, S.IK mengatakan, pihaknya berharap tidak terjadi bencana juga untuk Kabupaten Tolioli, tetapi pihaknya berharap jika terjadi bencana dapat berkomunikasi dengan baik antara perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar kita dapat menurunkan personil dan mengurangi resiko tersebut.

Baca Juga :   Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 071 Anjangsana ke Anggota Veteran Banyumas

“Harapannya komunikasi di semua pihak berjalan dengan baik,” ujar Kapolres.

Pasintel Lanal Tolitoli Kapten, Laut (T) Wiludjeng Sajekti Lanal Tolitoli mengatakan, pihaknya seperti biasa mempersiapan Personil Maupun Material setiap menghadapi Musim hujan seperti saat ini.

“Lanal Tolitoli Rutin Melaksanakan pengecekan pekembangan situasi terutama di wilayah kel.Tuweley khususnya jl.Anoa yang daerah langganan banjir,” ujarnya.

Dari Bidang kesehatan, Kadiskes Tolitoli Bakri Idrus mengatakan, untuk mengantisipasi bencana banjir kami dari dinas kesehatan kab tolitoli telah menyiapkan tenaga medis maupun obat obatan yang siap dikirim ke desa-desa atau ke wilayah yang terkena dampak bencana alam.

“Kami akan kirimkan tenaga medis dan obat-obatan ke wilayah yang terdampak bencana alam,” kata Kadinkes.

Dari sarana infrastruktur, Kadis PU Tolitoli, Ir. Fadjar Suko Suhada mengungkapkan, pihaknya selalu siap untuk menurunkan alat berat yang kita punya untuk pembersihan di saat longsor ataupun pasca banjir tetapi kita tidak mengharapkan itu terjadi di kabupaten Tolitoli.

“Kami akan selalu siap menurunkan alat berat untuk membersihkan pasca bencana alam,” jelasnya.

Sedangkan perwakilan Dinas Sosial mengatakan, pihaknya memiliki tim tagana yang berada di setiap daerah dan siap membantu jika terjadinya bencana banjir di kabupaten tolitoli. “Kami pun memiliki dapur umum untuk pengungsi,” jelas dia.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dandim 1305/BT, Letkol Inf Gunarto, S.H. Kapolres Tolitoli, AKBP Hendro Purwoko, S.Ik, Pasintel Lanal Tolitoli, Kapten Laut (T) Wiludjeng Sajekti, Kadis PU, Ir. Fadjar Suko Suhada, Kadiskes, Bakri Idrus, Kepala BPBD Tolitoli, Nur Alam, S.T, Camat Baolan Dahri D. Minun, Para Perwira Staf beserta anggota Kodim 1305/BT yang terlibat dalam Gladi Posko I. (Red).

Related posts

Komentar

News Feed