oleh

Begini Hasil Evaluasi Sistem Zonasi Dalam PPDB 2019

 

Jakarta – Andalas.news, Petunjuk teknis PPD tidak sesuai dengan ketentuan dama Permendikbud. Hal itu menyebabkan kebingungan karena adanya perbedaan juknis.

Demikian hasi PPDB 2019 yang terungkap Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk “Di Balik Kebijakan ”, bertempat di Ruang Serba Guna, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Senin (1/7/2019).

Sebagaimana disampaikan Staf Ahli Bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan, Chatarina Muliana Girsang saat ini masih didapati sejumlah juknis yang berbeda dengan garis besar yang ditentukan oleh aturan yang memayungi pelaksanaan zonasi PPDB 2019.

“Jadi sejatinya, pemda jangan tergesa-gesa modifikasi atas petunjuk teknis pelaksanaan PPDB berdasakan sistem zonasi. Kalau ada hal yang tidak bisa diterapkan oleh daerah, harus dilakuan kajian terlebih dulu. Yang juga masalah kalau ketidaktaatan terhadap permendikbud bertolak dari alasannya ,” katanya.

Hasil evaluasi lain, menurut Chatarina, adalah penetapan zonasi tanpa memperhitungkan daya tampung sekolah dengan jumlah anak yang lulus dari jenjang sebelumnya.

“Seharusnya, menjadi kewajiban daerah melakukan pemetaan. Itu jugalah yang menyebabkan keluhan masyarakat terkait jarak yang tidak sesuai. Karena memang data tentang jumlah siswa yang harus ditampung itulah yang harus disiapkan pemda,” katanya.

Evaluasi ketiga, Chatarina mengatakan, masih tingginya mindset favoritisme di masyarakat.

Turut hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 kali ini Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Dalam Negeri, Hari Nurcahya Murni, Anggota Ombudsman RI, Ahmad Su’adi, dan Wakil Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaefudian.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube). (Red)

Baca Juga :   Rapat Paripurna Dalam Rangka Sertijab Ketua Persit KCK Cabang LXV Kodim PPU

Related posts

Komentar

News Feed