oleh

BPMD : Inovasi Desa Tidak Hanya Fisik, Tapi Pemberdayaan Masyarakat

-OKU-259 views

BATURAJA OKU – Guna menjaring inisiatif dalam berinovasi membangun desa, Badan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) kegiatan Bursa Desa.

Kegiatan dilaksanakan digedung serbaguna kantor Kecamatan Baturaja Timur, Rabu (24/7/2019).

Dibuka langsung oleh Kepala Badan PMD OKU Drs Achmad Firdaus, dihadiri Camat Baturaja Barat, Camat Baturaja Timur, Camat Lubuk Batang dan Camat Lubuk Raja, Serta Polsek Baturaja Timur, para Kades, dan masyarakat.

Dikatakan Kepala Badan PMD OKU Drs Achmad Firdaus, sekaligus penyelenggara kegiatan, program inovasi desa ini meruoakan cluster kedua untuk tahun 2019, tujuan dasarnya untuk mengentaskan kemiskinan dan mensejahterahkan masyarakat, melakukan program bidang sumber daya manusia, kewirausahaan, dan infrastruktur.

“Kedepannya nanti kita forsikan dalam bidang pemberdayaan masyarakat, sudah banyak contoh desa lain di pulau jawa telah melakukan pemberdayaan masyarakat melalui dana desa, sehingga program dana desa benar-benar dapat bermanfaat dengan baik, jadi pembangunan saja,” ungkapnya.

Lanjutnya, tentu perlu pemahaman untuk melanjutkan pembangunan tersebut, dan inilah salah satu langkah digagasnya program inovasi desa sehingga pembangunan dapat berlangsung efektif.

“Diawali dengan musyawarah dengan melibatkan BPD, pada tahap musdus, hingga ke musdes, dan saya harapkan setiap usulan dalam musdes agar dijalankan, kami akan turut memantau apa yang di programkan dalam suatu desa,” tegasnya.

Program kali ini seperti disampaikan Camat Baturaja Timur Luqmanul Hakim Ssos MSi, peaerta diberikan materi, diskusi dan ruang bursa, para peserta dari perngkat desa, BPD, pendamping desa, yang diambil dari empat kecamatan, yaitu kecamatan Baturaja Tinur, Kecamatan Baturaja Barat, Kecamatan Lubuk Batang dan Kecamatan Lubuk Raja. (febri)

Baca Juga :   Koramil 1312-01/Kabaruan dan Posad Karbak Bersama Masyarakat Pembersihan Lokasi TPA di Desa Taduwale

Related posts

Komentar

News Feed