oleh

Kodim 0501/Jakarta Pusat BS Suguhi Berbagai Program Unggulan Kepada Tim Penilai Lomba Binter

 

Hari kedua Lomba Binter Tingkat Pusat Kodim 0501/Jakarta Pusat BS, berlangsung hari ini di Makodim 0501/JP BS, Jl. Selaparang Blok B 11 Kav – 1, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (02/7/19).

Dalam kegiatan hari ini Tim Penilai Lomba Binter yang diketuai Kolonel Inf Awal Nur yang didampingi langsung oleh Dandim 0501/JP BS Letkol Inf Wahyu Yudhayana menerima pemaparan dan melaksanakan peninjauan berbagai program unggulan Babinsa Kodim 0501/JP BS, diantaranya pengolahan sampah, program pertanian dan perikanan, pelatihan menjahit, pelatihan tenis meja, bela diri dan program kerohanian Maghrib Mengaji.

Dalam kesempatan tersebut Tim Penilai mendapatkan pemaparan bagaimana pembuatan pupuk kompos oleh Pelda Bambang yang kesehariannya sebagai Babinsa Kelurahan Kebon Kosong Koramil 07/Kamayoran.

Baca Juga :   Polri Jakarta Utara Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke 73 Diramaikan Yon Arhanud 6 Jakarta Utara.

“Sampah-sampah yang ada dan terkumpul di olah, kami bedakan mana sampah organik dan mana non organik, selanjutnya sampah tersebut kita jadikan sesuatu yang punya nilai ekonomis, yakni pupuk Kompos,” kata Pelda Bambang.

Dalam program ketahanan pangan, jajaran Kodim 0501/JP BS memiliki program khusus, dimana adanya jadwal bagi Babinsa untuk berladang sawah dan membuat eduksi pertanian kepada warga binaannya.

Dalam hal ini Sertu Agus Babinsa Koramil 07/Kemayoran, menyampaikan teknik penanaman bibit padi yang sehat agar dapat tumbuh dengan cepat dan berkualitas, padi akan panen selama 3 bulan. Selain teknik penanaman padi, ia juga memaparkan tentang pembinaan tanaman dengan media hydrofarm.

Baca Juga :   Giat Minggu Militer Kodim 0505/JT

Sementara itu, Babinsa Koramil Sawah Besar Serka Manut menyampaikan bagaimana memilih bibit ikan Lele yang sehat dan teknik pembiakan ikan Lele dengan benar.

Tidak hanya itu, Serma Nur Muchidin yang kesehariannya juga sebagai Babinsa Koramil Sawah Besar juga menyampaikan kepada Tim Penilai Lomba Binter bagaimana teknik menjahit dengan benar dan cepat. Dimana Koramil Sawah Besar sudah memiliki banyak binaan dari warganya.

“Kami sudah memiliki sekitar 30 warga yang menjadi binaan kami dalam bidang menjahit, alhamdulillah warga kami sudah dapat meningkatkan ekonominya dari hasil menjahit pakaian, mereka (red-warga binaan) sudah punya market sendiri, mereka punya buyer tetap diantaranya di beberapa Toko pakaian di daerah Pasar Tanah Abang,” urai Serma Nur Muchidin.

Baca Juga :   PENDAMPINGAN OLEH BABINSA KORAMIL 1312-05/ESSANG KEPADA TIM GUGUS TUGAS KECAMATAN ESSANG DALAM PENGAMBILAN RAPID TES

Dari pantauan awak media di lokasi, terlihat jelas pemaparan dari para Babinsa membuat Ketua Tim Penilai Lomba Binter Kolonel Inf Awal Nur tertarik ikut aktif berkomunikasi dan bertanya kepada Babinsa pada saat penyampaian paparan berbagai program unggulan jajaran Kodim 0501/JP BS.

Rangkaian kegiatan penilaian hari ini, para Tim Penilai Lomba Binter selanjutnya memantau program unggulan olahraga dan kerohanian Kodim 0501/JP BS yakni olahraga tenis meja, bela diri Merpati Putih serta Maghrib mengaji. Usai melakukan pemantauan dan peninjauan program – program unggulan Kodim 0501/JP BS, seluruh tim penilai melanjutkan kunjungan ke Polres Metro Jakarta Pusat.

Komentar

News Feed