oleh

Patroli Patok Terkoordinasi Jilid II Dua Negara Bersatu Cek Patok Perbatasan RI- Malaysia

SAMARINDA. Pelaksanaan tugas pengamanan perbatasan yang telah dilaksanakan saat ini operasi terintegrasi antara TNI-AD (Tentara Indonesia Angkatan Darat) dan TDM (Tentara Diradja Malaysia) yang diwujudkan dalam bentuk kerjasama dan kegiatan yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi, koordinasi dan menghindari terjadinya kesalah fahaman serta mencegah terjadinya provokasi yang dapat merugikan kedua institusi pengaman perbatasan darat RI-Malaysia, ungkap Dansatgas Letkol Inf Ronald Wahyudi S.E.,M.TR (HAN) saat melepas jilid II di wilayah Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (27/11/2019).

“Kegiatan ini dilaksanakan secara bersama antara Satgas Pamtas TNI, dalam hal ini Yonif Raider 600/Modang bersama Briged 9 TDM Pasukan Pamtas Malaysia ini, selain sebagai simbol kebersamaan, juga merupakan bentuk aplikasi eratnya persahabatan Angkatan Bersenjata kedua untuk saling menjaga kedaulatan negaranya yang berbatasan darat”, ungkapnya.

Dansatgas menambahkan “Selain itu, kegiatan ini juga berdampak positif untuk mengontrol aktifitas berbagai kegiatan ilegal seperti, ilegal logging, ilegal Maining, Trafficking, pelintas batas dan kriminalitas seperti yang kerap memanfaatkan celah di wilayah perbatasan serta berbagai dampak lainnya yang timbul di perbatasan.Oleh karena itu interaksi antar dalam kegiatan patroli koordinasi ini, menjadi wahana yang efektif untuk mewujudkan semangat kebersamaan, saling pengertian dan persaudaraan antar kedua Negara”.

“Tugas kami tercantum dalam Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, dan di dalam pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 tentang mengamankan wilayah perbatasan”,tegasnya.

“Benteng kokoh di serambi perbatasan dalam mengawal dan menjaga patok perbatasan, semoga kedepannya kegiatan yang melibatkan kedua negara ini dapat berlanjut dan terus terjaga dalam melaksanakan tugas”,tutup Dansatgas.

Adapun kegiatan pembukaan upacara patroli terkoordinasi di buka langsung oleh Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Letkol Inf Ronald Wahyudi S.E.,M.TR (HAN) dan Wakil panglima Briged ke 9 Malaysia Letnan Kolonel Moh Aktif Bin, serta aparatur pemerintahan setempat yang berada di wilayah Kecamatan Krayan, pelaksanaan upacara berjalan lancar dan hikmat.

Baca Juga :   IMDEX 2019: TNI ANGKATAN LAUT UTAMAKAN PENGEMBANGANKERJASAMA ANTAR NEGARA DI TINGKAT REGIONAL

Personil TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan TDM (Tentara Diradja Malaysia) selesai melaksanakan upacara langsung melanjutkan kegiatan perjalanan di lepas oleh ratusan masyarakat dan murid murid sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Krayan untuk menyusuri satu demi satu patok perbatasan, demi menjaga keutuhan dan kedaulatan perbatasan negara.

Related posts

Komentar

News Feed