oleh

LAKSANAKAN PROGRAM KOMUNIKASI SOSIALKOLINLAMIL HADIRI PELANTIKAN TARUNA/I STIMAR “AMI”

Jakarta – Andalas.news, 2 Desember 2019 Satya Wira Jala Dharma. Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi, S.E., M.M., M.Han mewakili Panglima Kolinlamil menghadiri pelantikan taruni Sekolah Tinggi Ilmu Maritim “AMI”, Sabtu (30/11) dilapangan Kampus Ungu, STIMAR “AMI”, Pulogadung, Jakarta .

Aspotmar Pangkolinlamil bersama dengan 3 stafnya mengikuti tradisi pelantikan 200-an taruna-taruni sekolah tinggi ilmu maritim ini. Sebagai salah satu kampus yang menjadi binaan bagi Kolinlamil ini, para taruna-taruni STIMAR “AMI” dibina aspek ketahanan baik kedisiplinan, wawasan kebangsaan dan bela Negara.

“Sebagai bagian dari pembinaan ketahanan wilayah khususnya kegiatan sosial, Kolinlamil juga hadir dalam pelantikan taruna-taruni STIMAR “AMI” ini untuk mensupport taruna-taruni sekaligus bersilaturahmi dengan mereka” jelas Aspotmar Pangkolinlamil.

Lebih lanjut dijelaskannya, pembinaan ketahanan wilayah bertujuan untuk meningkatkan pertahanan negara, kedulatan dan keutuhan NKRI terutama dalam bidang potensi maritim.

“Pembinaan ketahanan wilayah merupakan implementasi dari pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang juga meliputi pembinaan potensi maritim, komunikasi sosial dan TNI AL” terangnya.
Seperti yang telah dilaksanakan Kolinlamil dalam program pembinaan ketahanan wilayah, program bela Negara ke sekolah-sekolah, program komunikasi sosial dengan Balai Besar Pendidikan, Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP), mengajak pelajar berkunjung ke kapal perang Kolinlamil, Joy Sailing pelajar dengan kapal perang Kolinlamil, mengajak kawasan pelabuhan Bersih-bersih pantai dan sebagainya.

Dalam melaksanakan kegiatan pembinaan ketahanan wilayah, Kolinlamil yang merujuk kepada Peraturan Panglima TNI Nomor 34 Tahun 2016 tanggal 7 September 2016 dan Peraturan Staf Angkatan Laut Nomor 12 Tahun 2016 tanggal 9 September 2016 tentang penyelenggaraan fungsi Pembinaan potensi maritim.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. mengatakan bahwa pembinaan ketahanan wilayah merupakan salah satu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bela Negara, menanamkan rasa cinta tanah air dan menumbuhkan sikap hidup yang berorientasi maritim.

Baca Juga :   Asah Kemampuan Tempur, Kodim 0831/ Surabaya Timur Gelar Latihan Menembak.

“Dengan program pembinaan ketahanan wilayah, diharapkan masyarakat khususnya generasi muda memiliki mental, moral dan disiplin serta karakter sebagai bangsa maritim” tegas Pangkolinlamil.

Selain itu sasaran kegiatan pembinaan ketahanan wilayah kepada para taruna/taruni Sekolah Tinggi Ilmu Maritim untuk mewujudkan pemahaman kepada mereka tentang pentingnya penyiapan komponen cadangan dalam bela Negara sehingga mampu menghasilkan pengawak kapal niaga yang handal dalam membangun kekuatan sosial yang sinergis antara TNI dengan rakyat untuk menjaga keutuhan NKRI.

Related posts

Komentar

News Feed