oleh

PRAJURIT LANAL BANGKA BELITUNG BANTU EVAKUASI KAPAL KARAM DI PERAIRAN TANJUNG PENDAM

 

Posal Tanjung Mendanau Lanal Bangka Belitung bersama BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Belitung dan Polair bantu evakuasi ABK KM. Putra Sentosa II yang karam akibat mengalami kerusakan mesin di Perairan Tanjung Pendam, Provinsi Bangka Belitung, Selasa (17/12/2019).

Kronologis kejadian, pada hari Senin tanggal 16 Desember 2019 KM. Putra Sentosa II dengan Nahkoda Efendi beserta 3 ABK bertolak dari Pelabuhan Tanjung Pendam tujuan Pelabuhan Pangkal Balam dengan muatan 3.765 buah tabung kosong gas elpiji 3 kg.

Baca Juga :   Pelda Suripno Larang Warganya Menjual Petasan

Ditengah perjalanan pada Selasa malam sekitar pukul 00.30 WIB, kapal mengalami kerusakan mesin dan melaksanakan lego jangkar. Karena kondisi arus serta gelombang tinggi, jangkar kapal larut hingga menabrak karang dan mengakibatkan kapal tenggelam pada posisi 02° 73’ 762” S – 107° 57’ 412” T.

PT. Mose selaku agen kapal melaporkan kejadian tersebut ke BNPB Belitung. Selanjutnya BNPB Belitung, Posal Tanjung Mendanau dan Polair melaksanakan evakuasi terhadap nahkoda dan ABK kapal dalam keadaan selamat. Sedangkan proses evakuasi kapal akan dilaksanakan dengan menggunakan KM. Restu.

Baca Juga :   Guna Meningkatkan Kemampuan Prajurit Yonif Raider 515 Kostrad Gelar Samapta Periodik

Selanjutnya Posal Tanjung Mendanau bersama Polair dan nelayan setempat melaksanakan pertolongan dan evakuasi muatan kapal, untuk diamankan di Posal Mendanau.

Komentar

News Feed