oleh

TINGKATKAN KEMAMPUAN PRAJURIT, SATUAN KAPAL CEPAT KOARMADA I GELAR LATIHAN VBSS

 

Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmada I Kolonel Laut (P) Robert Hasudungan Marpaung secara resmi membuka Latihan VBSS (Visit, Board, Search, and Seizure) TA. 2019 di Dermaga Fasharkan Mentigi, Tanjung Uban, Rabu (11/12/2019).

Latihan VBSS Satkat Koarmada I yang dilaksanakan di sekitar Perairan Tanjung Uban melibatkan 6 Unsur KRI yaitu KRI Lemadang-632, KRI Barakuda-633, KRI Clurit-641, KRI Beladau-643, KRI Alamang-644, dan KRI Surik-645.

Dansatkat Koarmada I Kolonel Laut (P) Robert Hasudungan Marpaung menyampaikan bahwa tujuan latihan VBSS ini untuk meningkatkan kemampuan prajurit Satkat Koarmada I dalam melaksanakan tugas mengamankan wilayah perairan Indonesia.

Baca Juga :   KRI Usman Harun-359 Koarmada I Tangkap Kapal Ikan Asing Vietnam Di Laut Natuna

Dalam latihan ini, diskenariokan sasaran yang digunakan adalah 2 kapal tanker yang masing-masing kapal akan dilaksanakan VBSS oleh 3 tim. Start awal latihan dimulai dari dermaga Fasharkan Mentigi menggunakan sekoci menuju sasaran di Perairan Tanjung Uban.

Selanjutnya, Tim VBSS melaksanakan pendekatan ke kapal sasaran (Visit), lalu tim akan masuk ke kapal sasaran (Board), setelah itu tim VBSS akan melakukan pencarian (Search) yang disimulasikan terjadi perompakan kapal sasaran. Setelah lawan berhasil dilumpuhkan dan sandera dapat diamankan, Tim VBSS melaksanakan penahanan (Seizure). Lalu Tim VBSS dengan cepat meninggalkan kapal dengan membawa tawanan kembali ke markas.

Komentar

News Feed