oleh

LANAL CIREBON SIAGAKAN PERSONEL DI DAERAH RAWAN BENCANA

 

Dalam rangka menghadapi perubahan cuaca yang cukup ekstrem akhir-akhir ini di beberapa wilayah Indonesia seperti bencana banjir dan tanah longsor, Lanal Cirebon menggelar Apel Kesiapsiagaan Satgas Bencana Alam di Mako Lanal Cirebon dipimpin Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, Rabu (8/1/2020).

Komandan Lanal Cirebon mensiagakan 1 (satu) Pleton yang disiapkan secara mobile untuk melakukan penanganan bencana yang ada di wilayahnya, meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Subang, dan Karawang. Personel yang diterjunkan didukung oleh perlengkapan seperti perahu karet, alat penyelam, kendaraan dan alat pendukung untuk evakuasi korban.

Baca Juga :   Letkol Inf Aliyatin Mahmudi, S.I.P., M.Si., Jabat Komandan Brigif 4/DR

“Nantinya, para personel akan ditempatkan di beberapa pos seperti Posal Blanakan, Satgas Patimban, Posmat Eretan, Posmat Karangsong, Posmat Bondet, Mako Lanal Cirebon, dan Posal Gebang,” ujar Danlanal Cirebon.

“Seluruh personel dan perlengkapan tersebut diterjunkan dibawah koordinasi Pemda setempat dengan jumlah personel disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, Lanal Cirebon juga bekerjasama dengan instansi samping diantaranya Basarnas, BPBD, Polair Jabar dan Polres, serta Kodim dan Koramil setempat,” tutur Letkol Agung Nugroho.

“Hingga saat ini belum ada laporan atau kejadian yang menonjol terkait bencana, namun pihaknya tetap siaga melakukan tindakan antisipasi dan mitigasi bencana dan menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mengupdate informasi mengenai cuaca melalui sumber-sumber terpercaya seperti BMKG, BNPB dan lainnya,” pungkasnya.

Komentar

News Feed