oleh

PERSONEL MILITER DAN PNS SESKOAL LAKSANAKAN SIMULASI LATIHAN PEMADAM KEBAKARAN

 

Seskoal, 05 Februari 2020, Personel Militer dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) melaksanakan kegiatan Simulasi Latihan Pemadam Kebakaran (Damkar), yang berlangsung di Lapangan Apel Gedung Detasemen Markas (Denma) Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (05/02) Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Komandan Denma Seskoal Letkol Marinir Rudianto, M.Tr. Hanla., M.M., dengan didampingi Perwira Operasi (Pasops) Denma Seskoal Mayor Laut (KH) Triyanto, S.Pd dan Kepala Satuan Angkutan (Kasatang) Denma Seskoal Kapten Laut (T) Sumardiyono.

Baca Juga :   Prajurit TNI Latihan Terjun  Malam Hari

Kegiatan ini diawali dengan apel pagi yang dipimpin oleh Komandan Denma Letkol Marinir Rudianto, M.Tr. Hanla., M.M., selanjutnya Personel Militer dan PNS Seskoal melanjutkan kegiatan dengan menyaksikan dan mempraktekan kegiatan simulasi latihan pemadaman kebakaran. Di dalam Latihan simulasi pemadaman kebakaran tersebut terdapat materi-materi yang diajarkan antara lain adalah mengenal cara penanggulangan bencana kebakaran, mengenal jenis-jenis alat pemadaman kebakaran, jenis Alat Pemadam Kebakaran (APAR) dengan bahan bubuk kimia kering, bahan Carbon Dioxide (Co2), Busa, cara penggunaan alat pemadam kebakaran, Pengunaan Selang Hydrant dan cara penggunaan APAR aman.

Baca Juga :   PAMEN SESKOAL RAIH JUARA I LOMBA MENULIS ESAI HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2020

Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah mengaplikasikan teknik penanggulangan dan pemadaman kebakaran berdasarkan media pemadaman termasuk cara penggunaan selang hydrant. Penggunaan hydrant untuk memadamkan kebakaran membutuhkan keahlian khusus dari petugasnya. Peralatan yang digunakan pun lebih beragam. Secara garis besar, metode ini memanfaatkan tenaga air untuk memadamkan api yang menyala. Penggunaan APAR relatif lebih mudah dan lebih aman. Dari jarak 3-5 meter, pemadam menyemprotkan APAR ke material yang terbakar. Unsur kimia dari APAR akan menghentikan reaksi pembakaran yang sedang berlangsung pada material tersebut.

Baca Juga :   Semarak HUT TNI ke-74 di Tapal Batas NKRI, Profesional Kebanggaan Rakyat!

Diakhir kegiatan seluruh personel Militer dan PNS dipersilahkan untuk mencoba masing-masing perlatan yang ada agar lebih memahami dan terbiasa nantinya apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu menanggulangi kebakaran tersebut.

Komentar

News Feed