oleh

Aspers Kasal Pimpin Sidang Pantukhir Casis Diktukpa TNI AL

 

Kodiklatal Surabaya – Andalas.news, 4 Maret 2020 Asisten Personil Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksda TNI I Nyoman Mandra, M.Sc ., CHRMP memimpin sidang Penentuan Akhir (Pantukhir) Calon Siswa (Casis) Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-50 tahun 2020 yang dilaksanakan di Gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan Angkatan Laut (Kodiklatal) Surabaya, Rabu, (4/3).

Sidang Pantukhir yang diikuti 613 Prajurit strata bintara dari berbagai Kotama TNI AL tersebut juga dihadiri Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat, Kadisdikal Laksma TNI DR. Ivan Yulivan, S.E., M.M., CHRMP., MTr Han, Dirdiklat Kodiklatal Laksma TNI Judijanto, M.Si., MA, serta para Pembina Korps.

Baca Juga :   Danton Satgas TMMD Ke – 104 Kodim 0824/Jember Pimpin Apel Kesiapan Sasaran Fisik Dsn. Paleran, Ds. Gunungmalang

Sebelum melaksanakan sidang pantukhir para Casis telah menjalani berbagai tahap tes mulai dari tes Kesehatan fisik, Kesehatan jiwa (Keswa), Kesegaran Jasmani (Garjas), Psikologi, Mental Idiologi, akademik dan profesi.

Untuk tes kesehatan lengkap, di Satuan Kesehatan (Satkes) Kodiklatal, tes Psikologi di Kantor Lembaga Psikologi Angkatan Laut (Lapsial) Juanda, Sidoarjo, kemudian Mental Ideologi dan akademik di gedung Moeljadi Bumimoro, sedangkan Garjas digelar di Lapangan Dewa Ruci, Kesatrian Bumimoro, Kodiklatal.

Setelah melaksanakan sidang Panthukir selanjutnya para Casis akan memulai pendidikan di Puslatdiksarmil Kodiklatal. Adapun pembukaan pendidikan rencananya akan dipimpin langsung Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat. Mereka akan mengikuti Pendidikan Dasar Golongan selama tiga bulan di Puslatdiksarmil dan selanjutnya mengikuti Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan di Pusdik-Pusdik sesuai dengan korpsnya masing-masing.

Baca Juga :   Penyelamatan Nelayan Muncar Tutup Rangkaian Water Rescue Sukarela Bakamla RI

Saat membuka Sidang Komisi Pantukhis, Aspers Kasal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dankodiklatal atas penyiapan sarana dan prasarana Kodiklatal yang digunakan untuk pelaksanaan seleksi Casis Diktukpa angkatan ke-50 tahun 2020. Seleksi yang dilaksanakan, lanjutnya, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan casis untuk menjadi seorang perwira.

Namun demikian, bukan saja hasil tes yang dapat menentukan kelulusan Casis untuk mengikuti Diktukpa, tetapi ada persyaratan lain yang sangat menentukan kelulusan, yaitu : kinerja yang bersangkutan selama melaksanakan tugas di satuannya, memiliki loyalitas dan komitmen yang baik serta berdasarkan kebutuhan organisasi TNI AL.

Baca Juga :   LANTAMAL I MELAKSANAKAN LATIHAN PENANGGULANGAN DAMPAK WABAH COVID-19

(Red)

Komentar

News Feed