oleh

BABINSA KORAMIL 1312-05/ESSANG MEMBANTU MASYARAKAT DALAM PENGOLAHAN KOPRA

 

Talaud – Di Desa Ensem, kec Essang Selatan, kab kepl Talaud, di kebun kelapa keluarga bpk J.Tasumolan,
Babinsa Desa Ensem, Koptu Jonjoly bersama warga masyarakat Desa Ensem, kec Essang Selatan bekerja mengolah buah kepala dijadikan kopra untuk menujang kebutuhan setiap hari, Rabu (18/3).

Babinsa wilayah Desa Ensem menghimbau dan memberikan semangat serta bekerja untuk membantu kesulitan masyarakat di Desa binaan, agar warga masyarakat tetap tekun dan rajin dalam mengelola buah kepala untuk dijadikan kopra dan juga pohon kelapanya di rawat dengan baik agar menghasilkan buah yang banyak karena di kab kepl Talaud, cara memelihara pohon kelapa berbeda dengan daerah-daerah lain, diberi racun hama pada pohon kelapa agar daun kelapa tidak rusak oleh hama yang disebut dengan istilah bahasa kab kepl Talaud yaitu hama (Boto-boto) dengan bahasa indonesia Belalang.

Baca Juga :   KELUARGA BESAR SESKOAL PERINGATI ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW 144O H/2019 H

Di kab kepl Talaud, hama tersebut sangat merusak pohon kelapa, baik di daunya maupun di buah kelapa yang msh muda, oleh karena itu para petani di kab kepl Talaud sangat ekstra memelihara pohon kelapa agar terhindar dari hama boto-boto (Belalang) tersebut.

Hal ini perlu keseriusan pemerintah untuk memberantas hama tersebut, agar masyarakat kab kepl Talaud saat panen buah kelapa mendapatkan hasil yang baik dan menguntungkan warga sebagai ketahanan pangan di wilayah pedesaan, ungkap Plh Danramil 1312-05/Essang.

Baca Juga :   Masyarakat Serahkan Senjata Rakitan dan Munisi Aktif Kepada Kodim 1306/Donggala

Sebagai pemilik kebun kelapa, bapak J.Tasumolang mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI dalam hal ini Babinsa Koptu Jonjoly sudah meluangkan waktunya untuk membantu keluarga kami dalam mengelola buah kelapa untuk dijadikan kopra dan di jual demi menujang kehidupan kami sekeluarga.

“Kami masyarakat Desa Ensem mengapresiasi kepada bapak-bapak Babinsa yang turun langsung membantu kesulitan masyarakat di Desa binaanya,” ujarnya. (Red).

Komentar

News Feed