oleh

Kenalkan Sejak Dini Akan Jati Diri Prajurit TNI

 

Penajam – Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0913/Penajam Paser Utara (PPU) mendapatkan kehormatan, dengan dikunjungi oleh siswa-siswi dari TK Aisyah Bustanul Athfal (ABA) dan TK Islam Al-Arsyad Al Banjari, Rabu (4/3/2020) pukul 08.00 WITA.

Kunjungan tersebut adalah dalam rangka kegiatan Pengenalan Sejak Dini, akan nilai-nilai kedisiplinan, semangat dan kejuangan Prajurit TNI. Puluhan siswa Taman Kanak-Kanak (TK) TK Aisyah Bustanul Athfal (ABA) dan TK Islam Al-Arsyad Al Banjari, mendatangi Kantor Makodim 0913/PPU di Jalan provinsi Km 9 Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim).

Adapun kegiatan tersebut mengenalkan profesi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yakni belajar tentang kedisiplinan sejak usia dini, dan mengetahui kegiatan Tentara Nasional Indonesia (TNI), sebagai Garda Terdepan dalam menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga :   Closet Karya Satgas TMMD Mendapat Apresiasi Warga Desa Durenombo

Para siswa TK ini mengikuti latihan yang didemontrasikan dari peragaan prajurit TNI Kodim 0913/PPU. Mulai kegiatan Militer, Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dan pengenalan latihan Upacara Bendera serta peralatan perang.

Dijelaskan Miss Liana, Kegiatan kunjungan ke Kodim 0913/PPU ini adalah target kurikulum dan kebetulan kali ini tentang tema pekerjaan dan profesi, jadi kami mengangkat tema profesi TNI. Dan juga untuk mengenalkan jati diri TNI kepada anak-anak, supaya anak-anak ini termotivasi untuk mempunyai semangat yang besar dalam meraih cita-citanya kedepan, dan bagi yang belum memiliki cita-cita nantinya bisa bercita-cita menjadi TNI, katanya.

Baca Juga :   Dandim 0808/Blitar Lepas Para Prajurit Terbaiknya Yang Sudah Memasuki MMP

“Kenapa TNI, karena banyak anak-anak yang ngefans atau senang dan ada juga yang ingin menjadi Tentara. Untuk itu, kami mengajak anak-anak berkunjung ke Makodim 0913 PPU dengan maksud agar anak-anak mengenal lebih dekat apa itu TNI, apa kerjanya serta tanggung jawabnya bagaimana, sehingga nantinya anak didik kami mengerti apa itu TNI,” ujar Miss Liana

Terlihat antusias dari anak-anak TK tersebut, mereka nampak asik sekali dalam mengikuti kegiatan ala TNI. Namun, mereka penuh semangat dengan keberanian dan percaya dirinya anak-anak tersebut mengikuti latihan bersama Prajurit Kodim 0913/PPU.

“Senang melihat anak-anak bisa bermain dan belajar bersama TNI. Semoga dapat terwujud cita-cita anak-anak,” kata Miss Liana.

Baca Juga :   PERTAJAM KEMAMPUAN PRAJURIT, KOLINLAMIL GELAR LATIHAN FUNGSI KESEHATAN

Sementara itu, Kapten Inf Sujono, selaku pemandu dalam kegiatan tersebut mengatakan, diperkenalkan perlengkapan militer, dalam kunjungan yang berlangsung kurang lebih 2 jam tersebut, para murid TK juga diperlihatkan perataturan baris berbaris yang langsung di peragakan oleh prajurit kodim 0913/PPU.

Kami berharap, dengan adanya pengetahuan dan pengenalan yang berikan, dapat menumbuhkan dan menamkan rasa Nasionalisme, semangat juang dan rasa cinta tanah air kedalam benak anak anak. “Karena anak-anak sebagai generasi penerus bangsa,” ungkapnya.

“Para murid terlihat antusias dalam kegiatan ini, sehingga banyak murid-murid yang bercita-cita ingin menjadi anggota TNI pada masa mendatang,” tutupnya. (Red/Penrem 091/ASN).

Komentar

News Feed