oleh

KOMANDAN LANTAMAL XII : PENTINGNYA PEDOMAN CEGAH DINI VIRUS COVID-19

Andalas.news – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksma TNI Agus Hariadi memimpin Apel Khusus dalam rangka menyikapi Surat Telegram Panglima TNI tentang Pedoman dalam Menghadapi Penyebaran Virus COVlD-19 kepada Seluruh Jajaran TNI dan Surat Telegram Kasal tentang Pencegahan Virus COVlD-19 Terhadap Anggota TNI Angkatan Laut dan Keluarganya, di Lapangan Apel Mako Lantamal XII, Jalan Komodor Yos Sudarso, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (18/3/2020).

Danlantamal XII menyampaikan bahwa Virus Corona atau COVlD-19 adalah virus yang menyerang system pernapasan manusia. Sampai saat ini belum diketahui penyebab dari virus Corona, tetapi diketahui virus ini disebarkan oleh hewan dan mampu menjangkiti dari satu spesies ke spesies lainnya termasuk manusia. Diketahui virus Corona berasal dari Kota Wuhan di China dengan beberapa gejala yang berbeda-beda pada tubuh pasiennya, namun secara umum gejala virus Corona adalah flu, demam, batuk, hingga sesak nafas.

Baca Juga :   Jelang Latihan Gabungan, PPRC TNI Gelar Apel Kesiapan

Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk mengobati virus Corona, namun tercatat ada beberapa orang yang telah sembuh dari virus Corona setelah menjalani isolasi serta perawatan di rumah sakit. Memperhatikan perkembangan penyebaran COVID-19 di lingkungan kedinasan, maka perlu dilaksanakan pencegahan dan penatalaksanaan dalam rangka mengamankan prajurit beserta keluarga di Lantamal XII serta meminimalisir penyebaran COVlD-19 di lingkungan TNI AL khususnya Lantamal XII Pontianak.

Danlantamal XII juga menyampaikan hasil rapat koordinasi dengan Gubernur Kalimantan Barat tentang Corona Virus Disease 2020 tanggal 16 Maret 2020, bahwa Pemerintah Provinsi Kalbar melaksanakan Pembentukan Organisasi Operasi Siaga COVID-19 tahun 2020, dengan tindakan preventif sesuai protocol harus dilaksanakan berupa melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, tidak boleh panik/terlalu takut dengan COVID-19. Namun kita tidak boleh meremehkan dengan COVID-19, biasakan cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, biasakan bersalaman dengan tidak saling menyentuh anggota tubuh, hindari keramaian, hindari acara kumpuI-kumpul yang melibatkan banyak orang dalam suatu kegiatan, apabila mengobrol/berbicara minimal berjarak 2 meter, acara makan siang di kantor diupayakan tidak mengelompok (sendiri-sendiri), upayakan menggunakan masker.

Baca Juga :   Danlantamal II Terima Kunjungan Kerja Dankormar

“Berbagai upaya deteksi dini telah dilaksanakan diantaranya dengan pengecekan suhu tubuh menggunakan alat termometer infra red di pos penjagaan terhadap seluruh prajurit Lantamal XII, melaksanakan penyemprotan desinfektan kepada seluruh prajurit Lantamal XII dan tamu-tamu yang datang, melaksanakan penyemprotan desinfektan terhadap gedung dan ruangan Mako serta fasilitas umum yang ada di Iingkungan Lantamal XII, konsumsi vitamin setiap hari, mengunakan masker, serta memberlakukan kerja di rumah masing-masing selama 14 hari ke depan,” ujar Danlantamal XII.

Baca Juga :   Babinsa Koramil 22/Wonosari Melaksanakan Karya Bhakti Cor Jalan Bersama Warga

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadanlantamal XII Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, S.E., Para Asisten Danlantamal XII, Para Kasatker Lantamal XII, Perwira, Bintara, Tamtama, serta PNS Lantamal XII.

(Red)

 

Komentar

News Feed