oleh

Masjid Agung Demak Melaksanakan Sholat Jum’at, Dengan Pemeriksaan Sterilisasi Semua Jamaah

 

Demak – Andalas.news, Masjid Agung Demak resmi mengeluarkan protokol Jum’atan. Hal ini dilakukan dalam rangka upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Informasi yang dihimpun koranprogresif.co.id, Masjid Agung Demak terdapat ruang sterilisasi bagi setiap jama’ah dan disana juga tersedia termo suhu tubuh, hand sanitizer dan masker.

Tak hanya itu, terdapat petugas disetiap titik Masjid Agung Demak. Untuk di ruang isolasi untuk mengecek suhu tubuh pengunjung, hand sanitizer pun tersedia di sudut – sudut tempat.

Khusus didalam Masjid, penyemprotan disinfektan di lantai sebelum melakukan sholat Jum’at, Shof diatur dengan jarak, usai Jum’atan kembali lagi dilakukan penyemprotan disinfektan.

Baca Juga :   Danramil 07/Pondok Aren Bukber Dan Sholat Taraweh

Dalam pelaksanaan, jama’ah Jum’atan diatur terencana. Khotbah singkat, Imam bacaan surat-surat pendek. Selesai sholat langsung istighfar 3 x ditutup Doa. Lalu Sholawat Nabi agar jama’ah segera untuk pulang.

Adapun jumlah petugas Takmir MAD sebanyak 30 orang, Karyawan MAD 32 orang, ditambah petugas TNI Polri dan Dinas Kesehatan Demak 30 orang.

Ketua Takmir Masjid Agung Demak, KH Abdullah Syifa mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan semua pihak dalam rangka merencanakan Sholat Jama’ah Jum’atan Masjid Agung Demak.

Baca Juga :   Penyederhanaan Regulasi Dapat Meningkatkan Ekonomi Bangsa

“Kemarin (Kamis – red) kami berkoordinasi dengan Ketua MUI Kab Demak, Rois Syuriah PCNU Demak, Kodim 0716, Polres Demak, Kemenag Kab Demak, Dinas Kesehatan dan Tokoh Masyarakat Demak. Alhamdulillah terlaksana sesuai kesepakatan dan perencanaan,” katanya, Jum’at (27/3/20).

Masih kata dia, Jum’atan Masjid Agung Demak mendapatkan banyak perhatian dari tokoh-tokoh luar kota. Mereka berpandangan bahwa dalam situasi pendemi Covid19, maka tata cara Jum’atan Masjid Agung Demak kemungkinan besar bisa ditiru oleh daerah lain yang masih kategori Zona Hijau dan Kuning.

Baca Juga :   BABINSA KORAMIL 19 TRUCUK MELAKSANAKAN KARYA BHAKTI JAMBANISASI DIWILAYAH DS.BINAAN

“Mudah – mudahan ini bisa ditiru oleh daerah lainnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua MWC NU Demak Kota, H Abdullah Makhali, SE mengatakan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk mengamankan dan mengimplementasikan hasil Bahsul Masa’il PWNU Jateng melalui berbagai cara agar masyarakat tercerahkan bagaimana kewajiban setiap muslim dapat terlaksana dengan memperhatikan anjuran pemerintah dan kaidah kesehatan.

“Kami berupaya semaksimal mungkin agar masyarakat tercerahkan sesuai dengan anjuran pemerintah dan kaidah kesehatan,” pungkas pria yang juga Pengurus Takmir Masjid Agung Demak.

(Red).

Komentar

News Feed