oleh

Tim Pusterad Mabes TNI AD, Kunjungi Korem 071/Wijayakusuma

 

Banyumas – Tim Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) Mabes TNI AD, melaksanakan kunjungan kerja ke Makorem 071/Wijayakusuma, Rabu (18/3/2020).

Kunjungan Pusterad kali ini dalam rangka mensosialisasikan Petunjuk Teknis Bakti TNI Tahun 2020 dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang penyelenggaraan program bakti TNI dalam rangka mendukung tugas pembinaan teritorial (Binter) TNI AD, dalam penyelenggaraan kegiatan bakti TNI yang dilaksanakan satuan jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

Ketua tim yang dipimpin Kabagdokturjuk Sdirbinsismet Pusterad, Letkol Inf Tarmuji dalam sambutanya menyampaikan, Pusterad adalah badan pelaksana pusat di tingkat Mabesad yang berkedudukan di bawah Kasad Memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan Fungsi teknis teritorial di lingkungan Angkatan Darat.

Baca Juga :   Koramil 1312-03/Beo Melaksanakan Jum'at Bersih di SMP Negeri 1 Beo

Dikatakan, untuk menjalankan tugas pokoknya, Pusterad menyelenggarakan Fungsi-fungsi diantaranya Pembinaan Teritorial, Pembinaan Sistem dan metode, Pembinaan pendidikan dan latihan, Pembinaan pengkajian dan pengembangan, Intelijen teritorial.

“Berkaitan dengan salah satu fungsi yang dijalankan Pusterad di bidang pembinaan sistem dan metode pada tahun 2019 telah merevisi petunjuk bidang teritorial yang meliputi, buku petunjuk induk tentang pembinaan teritorial peraturan Kasad Nomor Perkasad/106/XIl/2011 Tanggal 7 Desember 2011 direvisi menjadi petunjuk induk tentang teritorial dan telah disahkan dengan Keputusan Kasad Nomor Kep/1069/Xll/2019 Tanggal 2 Desember 2019,” ungkapnya.

Baca Juga :   TEAM WASEV KUNJUNGI HASIL KERJA TMMD

Selain itu, lanjutnya. Buku petunjuk teknik tentang bakti TNI Peraturan Kasad Nomor Perkasad/ 36-02/ xu/2012 Tanggal 27 Desember 2012 direvisi menjadi Petunjuk Teknis tentang Bakti TNI dan telah disahkan melalui Keputusan Kasad Nomor Kep/762 Vlll/2019 Tanggal 5 Agustus 2019.

Diterangkan, petunjuk teknis bidang teritorial harus direvisi karena dihadapkan dengan adanya tantangan tugas serta perkembangan masyarakat yang semakin modern.

“Doktrin dan hakikat ancaman yang mungkin timbul tentunya akan mempengaruhi penyelenggaraan pembinaan teritorial di wilayah, karena itu perlu adanya langkah-langkah yang konkrit agar pelaksanaan pembinaan teritorial dapat berjalan optimal sesuai dengan tujuan dan sasaran yang di harapkan,” paparnya.

Baca Juga :   Prajurit Korem 081/DSJ Pelihara Kemampuan Menembak

Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han yang diwakili Kasrem 071/Wijayakusuma, Letkol Inf Heri Sumitro, S.Pd menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim Pusterad di Makorem 071/Wijayakusuma serta menyampaikan terima kasih atas terselenggarakannya sosialisasi ini, semoga apa yang disampaikan berguna dan bermanfaat bagi satuan.

“Pahami dengan benar isi materi yang akan disampaikan dan tanyakan hal-hal yang sekiranya belum dimengerti sehingga bekal yang diperoleh dapat disosialisasikan dan ditransformasikan kembali kepada satuan,” ungkapnya. (Red).

Komentar

News Feed