oleh

WADAN SESKOAL RESMI MEMBUKA SEMINAR FORUM STRATEGI I PERWIRA MAHASISWA DIKREG SESKOAL KE-58 TA. 2020

 

Seskoal – Andalas.news, 09 Maret 2020 Wakil Komandan (Wadan) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Laksamana Pertama TNI Tatit Eko W., S.E., M.Tr (Han)., secara resmi membuka Seminar Forum Strategi I Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020, yang berlangsung di Kelas A Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (09/03). Kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (P) Apriyani, S.H., M.M., M.Si., para Pejabat Utama, para Dosen dan Patun Seskoal.

Pembukaan Seminar Forum Strategi I Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis palu sidang kepada Ketua Seminar Mayor Laut (P) Dimas Apriyanto.

Baca Juga :   Pangdam IV : Bangun Terus Kesiapsiagaan Satuan

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Tatit Eko W., S.E., M.Tr (Han)., mengatakan bahwa rangkaian seminar Forum Strategi yang akan dilaksanakan oleh Perwira Mahasiswa pada hakikatnya adalah suatu kegiatan yang menggambarkan proses perencanaan pembangunan dan penggunaan kekuatan pertahanan Negara di laut dalam jangka waktu tertentu. Proses ini dibagi dalam empat tahap seminar, yang disusun secara berurutan dan berkesinambungan serta mempunyai keterkaitan erat mulai dari Forum Strategi I sampai dengan IV.

Baca Juga :   Personel Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Menjadi Juri Lomba Baris Berbaris

Selanjutnya dikatakan Forum Strategi I ini fokus pembahasan dititik beratkan pada analisis ancaman berdasarkan perkembangan lingkungan strategis. Kegiatan Forum Strategi ini merupakan wahana dalam proses pembelajaran terhadap calon pemimpin TNI di masa mendatang, guna menghadapi era modern paradigma baru TNI sekarang ini, dimana jati diri TNI dituntut untuk dapat bertindak secara professional.

Pada akhir sambutannya, Danseskoal memberikan penekanan untuk para Perwira Mahasiswa terapkan dan laksanakan pada Seminar Forum Strategi ini antara lain menggunakan teori studi wilayah, analisis lingkungan strategi, analisis ancaman dan teori-teori strategi terkait ; melaksanakan koordinasi dan kerjasama secara kondusif dalam mengakomodasikan verbagai kemungkinan perbedaan yang akan timbul diantara sesama Perwira Mahasiswa dalam mengajukan pendapat ; dan lahirkan ide-ide baru, pemikiran dan gagasan yang segar dan cemerlang.

Baca Juga :   Prajurit Pragosa Satya bersimbah Keringat di Lintas Medan Cipatat

Kegiatan Forum Strategi ini merupakan salah satu bagian perkuliahan dibawah Departemen Strategi (Depstra) dibawah pimpinan Kadepstra Seskoal Kolonel Laut (P) Rubiyantoro Murniawan, M.M.

(Red)

Komentar

News Feed