oleh

Antisipasi Krisis Pangan Dampak Corona, Dandim Talaud Galakan Tanam Ubi

 

Talaud – Dandim 1312/Talaud, Letkol Czi Irwan Guptarochman N., S.T., M.M menanam ubi kayu di lahan garapan milik Pemkab Kepulauan Talaud, Selasa (7/4).

Dandim 1312/Talaud, Letkol Czi Irwan Guptarochman N., S.T., M.M bersama prajurit Kodim 1312/Talaud ramai-ramai tanam umbi-umbian untuk antisipasi terjadinya krisis pangan akibat virus corona (Covid-19), memanfaatkan lahan tidur milik Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud di lokasi perkantoran pemerintah daerah setempat.

Dandim Letkol Czi Irwan Guptarochman mengatakan, saat ini Kodim 1312/Talaud giat menggalakan budidaya tanaman pangan lokal seperti ubi kayu, talas, jagung, padi sawah dan padi ladang serta sayur-sayuran, sebagai upaya antisipasi dampak ekonomi, khususnya ketahanan pangan di wilayah Kepulauan Talaud apabila wabah Covid-19 berlangsung lama dan terjadi lockdown.

Baca Juga :   Antisipasi Tindak Kriminal Selama Bulan Suci Ramadhan, Danramil 03/Tg. Priok Di Temani Lurah Sunter Agung Sambangi Posko Tiga Pilar

“Gerakan ini sudah kami instruksikan ke semua jajaran Koramil untuk dilaksanakan. Semua Koramil wajib membuka lahan perkebunan bersama warga masyarakat di desa-desa binaan yang dipelopori oleh para Babinsa di wilayah desa binaan masing-masing,” ujar Dandim di sela-sela penanaman ubi kayu.

Terkait gerakan menanam tanaman pangan lokal ini, jajaran Koramil di Kodim 1312/Talaud mulai membuka lahan pertanian bersama warga sejak pekan lalu.

Seperti dilakukan jajaran Koramil 08/Melonguane dan Koramil Miangas yang membuka lahan pertanian di Desa Ambela dan Desa Mala serta jajaran Koramil Miangas yang juga giat membuka lahan pertanian Desa Miangas.

Baca Juga :   Dandim 0831/ST Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan di SMAN 4 Surabaya

Sementara itu, sehubungan pencegahan penyebaran Covid-19, Kodim 1312/Talaud melalui jajarannya, terlihat terus aktif dalam semua kegiatan pencegahan.

Mereka terus melakukan penyemprotan disinfektan hingga ke rumah-rumah warga di berbagai desa, melakukan sterilisasi di pintu-pintu masuk seperti pelabuhan dan bandara serta giat-giat pencegahan lainnya. (Red).

Komentar

News Feed