oleh

Jelang Tahun Baru, Bakamla RI Tangkap 3 Kapal Ikan Malaysia

Selat Malaka – Andalas.news, 31 Desember 2020 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) —- Di saat-saat penantian pergantian tahun, KN. Bintang Laut – 401 Bakamla RI menangkap 3 kapal ikan Malaysia di Selat Malaka, kemarin.

Menurut Direktur Operasi Laut (Diropsla Bakamla RI) Laksma Bakamla Suwito selaku Pelaksana Harian (Palakhar) Operasi Laut Bakamla, saat KN. Bintang Laut – 401 melakukan patroli dalam operasi keamanan dan keselamatan laut dalam negeri (Opskamlamla XII), mendapati kontak mencurigakan dari hasil pantauan radar yang menunjukkan aktifitas kapal yang tidak biasa.

Baca Juga :   Pangdam Jaya Secara Resmi Tutup TMMD Reguler Ke-101 Tahun 2018 Di Bekasi Utara

KN. Bintang Laut – 401 yang dikomandani Letkol Bakamla Margono segera melakukan pendekatan dan mengetahui adanya KIA dari Malaysia yang sedang melakukan penangkapan ikan ilegal dan kedapatan sedang menarik jaring.

Saat didekati, kapal tersebut berusaha melarikan diri dengan memutus jaring ikannya, namun berkat kesigapan KN Bintang Laut 401, akhirnya kapal tersebut bisa dihentikan.

Tidak hanya satu kapal, KN. Bintang Laut – 401 berhasil menangkap tiga KIA asal Malaysia, dengan barang bukti sebanyak kurang lebih 3 ton ikan campuran.

Baca Juga :   Babinsa Koramil 05 Jatinom Kenalkan Babinkamtibmas Baru kepada Perangkat Desa Beteng

Hingga berita ini diturunkan, ketiga kapal tersebut masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut, mengantisipasi pelanggaran lain yang potensial terjadi seperti penyelundupan khususnya narkoba yang masih terjadi di Selat Malaka.

Direncanakan kapal tangkapan ini akan dibawa ke Belawan Medan untuk menjalani proses lanjutan.

(Red)

Komentar

News Feed