oleh

PRODI STRATEGI OPERASI LAUT, PROGRAM MAGISTER TERAPAN POLITEKNIK ANGKATAN LAUT SESKOAL RAIH AKREDITASI A

Seskoal – Andalas.news, 28 Desember 2020, Program Studi (Prodi) Strategi Operasi Laut, Program Magister Terapan Politeknik Angkatan Laut Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) baru-baru ini.

Akreditasi Program Studi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat).

Akreditasi Program Studi juga merupakan suatu mandat dari negara yang dituangkan dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 60.

Sedangkan Manfaat Akreditasi bagi Prodi. Strategi Operasi Laut dhi Seskoal, sudah tentu Seskoal akan mendapatkan informasi untuk lebih meningkatkan kualitas dan perencanaan akademiknya. Seskoal juga akan lebih mudah menjaring kemitraan dengan institusi lain dari dalam maupun luar negeri. Manfaat bagi pemerintah, tentunya pemerintah akan bisa mendapatkan informasi mengenai Perguruan tinggi atau Prodi. yang bisa dipilih mendapatkan prioritas dalam menentukan pemberian beasiswa atau hibah yang akan diberikan bagi institusi dan mahasiswanya.

Baca Juga :   Danrem 081/DSJ beserta Dansat Jajaran Lakukan Vicon Dengan Pangdam V/Brawijaya

Sertifikat Akredirasi A yang telah diterima berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 8579/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2020, yang dikeluarkan pada tanggal 22 Desember 2020 dan ditandatangani oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Profesor T.Basaruddin. Masa berlaku Akreditasi A tersebut sampai dengan tanggal 1 Desember 2025.

Pengumuman BAN-PT tersebut diterima Seskoal pada tanggal 24 Desember 2020 sekitar tiga minggu setelah pelaksanaan visitasi secara daring melalui aplikasi zoom meeting yang berlangsung pada tanggal 30 November sampai dengan 01 Desember 2020 lalu. Bertindak sebagai assessor dalam pelaksanaan visitasi adalah Prof Ir. Johannes Hutabarat, M.Sc., Ph.D., dari Universitas Diponegoro (Undip) dan Prof.Dr.Tati Nurhayati, S.Psi., M.Si dari Institut Pertanian Bogor.

Pada saat visitasi berlangsung, pelaksanakan tanya jawab ditujukan kepada Pimpinan UPPS (Seskoal), Tim akreditasi, Middle management, Dosen, Mahasiswa, Alumni, dan Pengguna, yang semua dilaksanakan secara daring.

Baca Juga :   Jelang Operasi Perbatasan, Pangdam Cek Kesiapan Pasukan dan Perlengkapan

Beberapa hal yang ditanyakan adalah terkait penyelenggaraan Prodi. Strategi Operasi Laut Program Magister Terapan Politeknik Angkatan Laut, di Seskoal yang meliputi 4 dimensi perguruan tinggi, antara lain : Mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola (visi dan misi, kepemimpinan, penjaminan mutu internal dll); mutu dan produktivitas outputs dan outcomes (kualitas lulusan, produk ilmiah dan inovasi, serta kemanfaatan bagi masyarakat); mutu proses (proses pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat); mutu input (dosen dan tenaga kependidikan, kurikulum, sarana prasarana dll).

Dengan hasil yang telah dicapai Seskoal mendapatkan penilaian Akreditasi A sudah tentu menjadi kepuasan dan kebahagiaan tersendiri bagi civitas akademika Program Studi Strategi Operasi Laut Program Magister Terapan Politeknik Angkatan Laut. Diharapkan dengan capaian ini menjadi sumber motivasi dan pemacu semangat dalam menjalankan proses pendidikan tinggi di Program Magister Terapan Strategi Operasi Laut menuju Program Studi yang unggul baik ditingkat Nasional maupun Internasional.

Baca Juga :   PANGKOARMADA I; MENINGKATKAN PENGETAHUAN STRATEGI OPERASI DI LAUT

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han). menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota dan staf Seskoal tentang capaian Akreditasi A pada Program Studi Strategi Operasi Program Magister Terapan Politeknik Angkatan Laut tersebut, hal ini memberi arti bahwa Prodi Strategi Operasi Laut termasuk dalam Program Studi terakreditasi “Unggul” yang merupakan capaian tertinggi Nilai Akreditasi sesuai Permendikti No. 32 Tahun 2016, capaian yang telah diwujudkan Seskoal sejalan dengan salah satu Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul, sekaligus turut mendukung dan mewujudkan Program Pemerintah saat ini dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.

(Red)

Komentar

News Feed