oleh

Bakamla RI Gelar Latihan Bersama USCG

 

Jakarta – Andalas.news, 20 Januari 2021 (Humas Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggelar latihan bersama United States Coast Guard (USCG). Latihan bertajuk Maritime Operational Threat Response (MOTR) 2021 ini dilakukan secara daring yang terpusat di Kantor Bakamla RI Rawamangun, Jakarta, Selasa (20/1/2021).

Kegiatan yang berlangsung sejak (19/1), dilakukan sebagai upaya untuk menyiapkan personel Bakamla RI untuk dapat memahami konsep kejadian keamanan di laut. Dengan pemahaman yang baik, penanganan yang tepat dan sesuai dapat dilakukan dengan optimal.

Baca Juga :   Kapolres Kota Blitar bersama Dandim 0808/Blitar "Melaksanakan Ronda Sahur"

Tidak dipungkiri, bidang tugas personel Bakamla RI di laut menuntut kecepatan dan ketepatan dalam bertindak. Hal tersebut tidak hanya dilihat dari aspek keamanan dan keselamatan kapal beserta awaknya, namun juga sering kali bersinggungan dengan kedaulatan negara.

Tantangan di bidang maritim semakin meningkat seperti penangkapan ikan secara ilegal, penyelundupan manusia, dan perdagangan narkotika, serta barang-barang ilegal lainnya. Hal-hal tersebut yang mendasari Bakamla RI bersama USCG mengadakan latihan MOTR ini.

Sesuai dengan namanya, MOTR ini akan menjelaskan penanganan kasus-kasus di laut. Dengan bertukar pengalaman yang dialami selama bertugas, bertindak sebagai instruktur, USCG Senior Maritime Advisor Jim Duval, dan Deputy Director Global Maritime Operational Threat Response Coordination Center (GMCC) Brian Wilson, memberikan panduan dan penanganan terbaik atas beberapa kejadian di laut.

Baca Juga :   Jalin Sinergitas, Yonif PR 501 Kostrad Laksanakan Olahraga Bersama Polri

Kegiatan ini turut didukung oleh International Narcotics and Law Enforcement (INL), Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

(Red)

Komentar

News Feed