oleh

Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Kadispotmar TNI AL

 

Jakarta – Andalas.news, 9 Februari 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. menerima kunjungan Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) TNI AL Brigjen TNI (Mar) Nuri Andrianis Djatmika, di Aula I Mabes Bakamla RI, Selasa (9/2/2021).

Kunjungan perdana setelah menjabat sebagai Kadispotmar ini dalam rangka melakukan kolaborasi program kegiatan antara TNI AL dengan Bakamla RI, terlebih lagi di bidang kegiatan yang memiliki tujuan yang sama. Selain itu, rencana dukungan ke desa-desa pesisir di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia juga turut dibahas.

Baca Juga :   TMMD 104 Kodim 0824/Jember Prioritaskan Pasang Paving di Dusun Paleran

Kadispotmar dalam mengawali perbincangan dengan Kepala Bakamla RI menyampaikan beberapa program kerja Dispotmar, antara lain pengembangan Kampung Baru Nusantara yang dirintis untuk memajukan dunia pendidikan dan bidang ekonomi desa pesisir di Indonesia.

“Bakamla RI dan TNI Angkatan Laut memiliki visi yang sama untuk memberdayakan masyarakat desa pesisir, karena seluruh wilayah pesisir di Indonesia menjadi tanggung jawab kita”, ungkap Kadispotmar kepada Kepala Bakamla RI.

Sebagai tanggapannya, Kepala Bakamla RI juga memberikan saran kepada Kadispotmar untuk terus mengoptimalkan peran TNI AL melalui Koperasi untuk mengangkat kehidupan para nelayan di desa-desa pesisir. “Tidak ada salahnya mencoba merangkul para nelayan kita agar tidak terjerumus pada sistem ijon yang dilakukan para tengkulak, karena itu sangat merugikan para nelayan saat ini”, jelas Laksdya TNI Aan Kurnia saat memberikan saran kepada Kadispotmar tentang kolaborasi program kerja dengan Bakamla RI.

Baca Juga :   Kasal Terima Pelaporan Kenkat Dua Puluh Tiga Pati TNI AL

Lebih lanjut keduanya sepakat bahwa Bakamla akan menjadi komponen cadangan matra laut sesuai pasal 31 UU No.23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumdanas Untuk Hanneg.

Bakamla juga pada dasarnya telah memenuhi kriteria sesuai penahapan yaitu pendaftaran, seleksi, dan latsarmil, tinggal penetapannya saja. Perlu diketahui bahwa sebelum menjadi ASN, para calon ASN Bakamla harus melalui Latsarmil di Kodiklatal.

Lebih lanjut Bakamla dan Dispotmar TNIAL akan menindaklanjuti rencana penyiapan komponen cadangan matra laut ini sehingga program komponen cadangan matra laut tahun 2022 dapat berjalan dengan lancar

Baca Juga :   BABINSA KALONGAN UTARA HADIRI ACARA FORUM MASYARAKAT TINGKAT DESA KAMPUNG KB TA 2019

Pertemuan berlangsung hangat dan diakhiri dengan pertukaran cinderamata.

(Red)

Komentar

News Feed