oleh

Babinsa Komsos Dengan Warga Binaan Pengrajin Anyaman Dari Rotan

 

Natuna – Kegiatan Yang di lakukan Babinsa Desa Cemaga Selatan Serda Kurnia irwan Pers Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna adalah melaksanakan giat Komsos dengan warga binaan Perajin Pembuatan anyaman dari Rotan, Rabu (3/03/2021)

Maksud dan tujuan dari komsos ini untuk menjalin kebersamaan dan mempererat hubungan silahturahmi antara Babinsa dengan warga binaan sehingga tercipta hubungan yang harmonis guna terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat sesuai dengan apa yang selalu di tekan kan oleh komando atas untuk selalu menjadi jembatan solusi permasalahan dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa binaan.

Babinsa di dampingi Kadus II Stengar Bpk Suprianto Komsos dengan Ibu Siti Aminah umur 55 pekerjaan Ibu Rumah tangga. Ibu aminah bercerita kisah mula berdirinya kerajinan anyaman Rotan di Desa Cemaga Selatan berbekalan pengalaman dan pernah mengikuti pelatihan dari pemerintah sehinga bisa terbentuk kelompok kerajinan tangan anyaman Rotan yang mulai di rintis semenjak tahun 2004.

Baca Juga :   PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-59 DISKUSI ANTAR KELOMPOK BIDANG STUDI OPERASI AMFIBI

” Dahulu kami berbentuk kelompok, tapi untuk saat ini kami sudah terbagi menjadi kelompok” pribadi yaitu : Kelompok Ibu Siti Aminah, Ibu Rusnah, Ibu Darma taksiah, ujar ibu Siti.

” Seiring dengan berjalannya waktu ada kalanya usaha kami sampai ketitik Nol, sehingga kami untuk memasarkan produk sangat sulit sampai saat ini. boleh di katakan untuk memasarkan masih banyak kendala. Tapi kami tidak menampik dan Alhamdulillah saat ini Peran Camat dan ibu serta Desa saat membantu, kami bisa memasarkan produk kami, ucap Ibu Siti Lagi.

Baca Juga :   Inovasi Mikro Hidro Babinsa Kopda Budi dan Esau Terangi Buduk Tumu

” Ibu Camat sering membeli hasil karya kami untuk di bawa keluar Natuna Alhamdulillah bisa menambah penghasilan demi mencukupi kebutuhan keluarga. lebih – lebih di masa sulit saat ini. kendala yang kami hadapi agar bisa memajukan kerajinan untuk mendapatkan Bahan Rotan kami beli dari masyarakat harga antara 15 sampai 25 ribu / kg dan kami sambil berharap kepada yang berkompeten di bidangnya nya bisa memasarkan produk kami lebih lebih Natuna akan menjadi ikon wisata Nasional, Jelas ibu Siti.

Baca Juga :   Tasyakuran Dalam Rangka Memperingati HUT ke-69 Yonif Raider 515 Kostrad

Kadus II Bpk Suprianto membenarkan masih banyak kendala yang di alami oleh para Pengrajin terlebih lebih untuk memasarkan hasil produksi yang telah siap di saat masa sulit sekarang ini. kalau untuk lokal pemasaran di Natuna aja tak seberapa laku.

” Nanti dengan adanya open-open seperti ada acara wisata baru banyak laku, semoga saja nanti nya hasil karya perajin bisa kita pasarkan di luar Natuna, harap Suprianto.

Dalam kesempatan ini juga, Babinsa tidak bosan – Bosannya mengingatkan kepada masyarakat agar tetap senantiasa mematuhi protokol kesehatan supaya memakai masker apa bila berpergian di karenakan pandemi virus covid 19 masih ada.

(Red)

Komentar

News Feed