oleh

Ratusan Personel Bakamla RI Laksanakan Vaksinasi Tahap I

 

Jakarta – Andalas.news, Kamis 17 Maret 2021 (Humas Bakamla RI / Indonesia Coast Guard) Ratusan Personel Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI yang berdinas di Jakarta melaksanakan Vaksinasi Tahap I di Aula II Markas Besar (Mabes) Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Puskemas Menteng, RS Cendana , Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan didukung tenaga mahasiswa dari Universitas Esa Unggul yang dipimpin oleh Dr. Jonathan Aditama dari Puskemas Menteng. Vaksinasi tahap I ini menjadi agenda yang wajib dilaksanakan bagi pejabat maupun staf di lingkungan Bakamla RI sebagai pembentukan suatu sistem pertahanan tubuh diri personel Bakamla RI, melawan covid-19 dan menyukseskan program Pemerintah terkait program vaksinasi nasional.

Baca Juga :   Babinsa Koramil Cawas Serma Agus Setya Hartana Ambil Apel Linmas Beri Tugas Sesuai Tupoksi

Pelaksanaan vaksinasi diawali oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, Sos.,M.M., kemudian diikuti Sestama Bakamla RI Laksda TNI S. Irawan, M.M., para Deputi, Pejabat eselon III, IV dan staf.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi, personel Bakamla RI harus melewati beberapa tahap. Tahap pertama yaitu verifikasi. Data yang sudah ditulis dalam form skreening dilakukan verifikasi dengan pencocokan data yang terdaftar di sistem seperti nama, alamat, usia, tanggal lahir dan number telepon.Usai tahap pertama terlewati personel masuk kedalam tahap kedua.

Baca Juga :   Tim Reformasi Birokrasi Bakamla RI Tuntaskan Pembahasan 8 Pilar RB

Tahap kedua, personel Bakamla RI melaksanakan registrasi dengan input data ke sistem pcarebpjs-kesehatan.go.id.

Kemudian, Tahap ketiga, personel Bakamla RI melaksanakan skreening lanjutan untuk pengecekan riwayat penyakit, melaksanakan tensi, mengkomfirmasi penerima vaksinasi tidak memiliki penyakit hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal.

Usai dinyatakan aman untuk menerima vaksinasi, personel Bakamla RI masuk dalam tahap keempat yaitu, vaksinasi. Tahapan ini personel menerima vaksinasi Sars-Cov-2 virus 3 mcg/dose.

Baca Juga :   Satgas TMMD Ke 104 Kodim 0824/Jember Tidak Hanya Larut Dalam.Pengerjaan Bangunan Fisik Saja.

Setelah itu, personel Bakamla RI laksanakan observasi selama 30 menit guna istirahat dan melihat kalau timbul gejala usai vaksinasi.

“Diharapkan dengan dilaksanakannya vaksinasi Covid-19 ini dapat meningkatkan imunitas tubuh para personel Bakamla RI terutama yang berhadapan langsung dengan masyarakat maritime yang kemudian akan mengurangi potensi tersebarnya virus Covid-19 di lingkungan Bakamla RI,” ujar Laksdya TNI Aan Kurnia.

(Red)

Komentar

News Feed