oleh

TNI AL dan US Navy Laksanakan FPC Dalam Rangka CARAT ke-26 Tahun 2021

 

Jakarta – Andalas.news, 28 Agustus 2021 – TNI Angkatan Laut (TNI AL) bersama dengan United Stated (US) Navy melaksanakan Final Planning Conference (FPC) atau rapat perencanaan akhir dalam rangka latihan bersama Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) ke-26 Tahun 2021 secara Video teleconference (Vicon) bertempat di Hotel JW Marriott, Surabaya beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Agustus 2021 dengan delegasi TNI AL dipimpin oleh Paban III Lat Sopsal Kolonel Laut (P) Isswarto, M.Tr.Opsla dan Komandan Satkor Koarmada II Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo beserta 19 perwira TNI AL. Sedangkan delegasi dari US Navy dipimpin oleh Captain Timothy LaBenz, Deputy Commodore Commander Desron 7, 7th Fleet Command beserta 15 perwira US Navy lainnya.

Baca Juga :   PPKM Mikro Ketat oleh Babinsa Bersama Pasukan BKO di PD. Pasar Jaya Klender

Latihan bersama ini dimulai sejak tahun 1994 dan pada tahun 2021 merupakan CARAT yang ke-26 dengan penyelenggara latihan adalah Komando Armada (Koarmada) II bersama US 7th Fleet. Seperti yang diketahui, CARAT merupakan latihan bersama bilateral yang secara rutin digelar tiap tahun dan diselenggarakan oleh TNI AL bersama US Navy dengan menitikberatkan pada materi Naval Warfare dan Maritime Security. Latihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama regional, membangun persahabatan, dan memperkuat profesionalisme.

Baca Juga :   Asah Naluri Tempur, Lanal Nias Gelar Latihan Menembak

Rencana latihan bersama CARAT 2021 akan dilaksanakan tanggal 1 s.d. 11 November 2021 di Surabaya dan Laut Jawa. TNI AL dalam latihan ini akan mengerahkan 1 Frigate RE Martadinata Class, 1 Korvet Fatahillah Class, 1 KCR Sampari Class, 1 Helikopter dan 1 Pesud Maritime Patrol Aircraft. Sedangkan keterlibatan US Navy adalah 1 LCS Independence Class, 1 T-EPF Millinocket Class, 1 MH-60, dan 1 Pesud P-8 Poseidon. Selain itu akan dilaksanakan beberapa working group dan forum diskusi antara kedua Angkatan Laut yaitu: Minex/EODEX, Divex, Medical, Land Operations, Legal, Maritime Domain Awareness dan Force Protection.

Baca Juga :   PENGUKUHAN JABATAN WAKIL KOMANDAN LANTAMAL II

Rapat perencanaan akhir ini dapat berjalan dengan aman dan lancar serta terjalin saling pengertian dan kesepahaman antara kedua belah pihak dalam rangka menyukseskan Latihan bersama CARAT ke-26 Tahun 2021. Hal ini sesuai dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar membangun sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

(Red)

Komentar

News Feed