oleh

Semarakkan Hari Armada, TNI AL Gelar Wayang Kulit Wahyu Katentreman

 

Surabaya – Andalas.news, 5 Desember 2021 – Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Armada Republik Indonesia pada 5 Desember 2021, TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar pagelaran Wayang Kulit di Indoor Sport Komando Armada II (Koarmada II), Surabaya, Sabtu malam (4/12) yang disaksikan langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan pejabat TNI AL.

Pagelaran kesenian wayang kulit yang dimulai pukul 22.00 WIB ini mengangkat lakon “Wahyu Katentreman” dengan dalang Ki Sigit Aryanto dan sinden Agnes Serfonso wanita asal Hongaria. Untuk memeriahkan jalannya pagelaran juga diundang bintang tamu Cak Yudho dan Cak Andik.

Baca Juga :   TNI AL Gelar FGD UU Cipta Kerja Dalam Penyelesaian Perkara Pelayaran

Lakon “Wahyu Katentreman” bermakna permohonan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk memberikan ilham dan kekuatan kepada para pemimpin TNI Angkatan Laut agar dapat membawa kejayaan Angkatan Laut dan memberikan kesejahteraan bagi prajuritnya serta memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga menimbulkan ketentraman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pagelaran wayang diawali penyerahan wayang Puntadewa oleh Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto kepada dalang Ki Sigit Aryanto.

Kasal Laksamana Yudo Margono dalam sambutannya mengatakan bahwa pertunjukan wayang ini bukan hanya sekedar tontonan belaka, namun juga sebagai sebuah tuntunan dimana cerita dalam lakon bisa diambil hikmahnya untuk kehidupan di masa depan yang lebih tentram.

Baca Juga :   Sang Kapitan Elake Patiloe Manawa Kabaressi, Pulang ke Haribaan Ibu Pertiwi

Sementara itu, tema Hari Armada tahun 2021 kali ini yakni “Armada RI Ksatria Pengawal Samudra Untuk Indonesia Tumbuh Indonesia Maju.” Selain pagelaran wayang kulit TNI AL dalam menyemarakkan peringatan ini untuk menghibur masyarakat Surabaya dan sekitarnya pada hari minggu ini akan menggelar Navy Day berupa Kirab Pasukan dengan Gendering Suling (GS) Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), pameran Alutsista, music performance, fashion show dan demontrasi Rajawali Laut Flight.

(Red)

Komentar

News Feed