oleh

PUSHIDROSAL TERPILIH SECARA AKLAMASI SEBAGAI KETUA NORTH INDIAN OCEAN HIDROGRAPHIC COMISSION PADA KONFERENSI NIOHC KE-20, JULI 2021

 

Jakarta – Andalas.news, 15 Juli 2021 Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) sebagai Lembaga Hidrografi Nasional dan juga representatif Pemerintah RI pada kelembagaan internasional di bidang hidrografi, turut berperan serta dalam pertemuan ke-20 North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC-20) yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 13-15 Juli 2021, dimana Pushidrosal saat ini menjabat sebagai wakil ketua NIOH (Vice Chairman). Pada kesempatan ini, kehadiran Pushidrosal pada pertemuan ini adalah melalui video conference atau daring, dari Ruang Hydrographic Data Centre (HDC) Mako Pushidrosal.

Pertemuan yang dipimpin oleh Chairman NIOHC Rear Admiral YN Jayarathne dari Sri Lanka ini, diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari Direktur IHO, Negara Anggota NIOHC (Member, Associate Member dan Observer) serta beberapa kontributor dan expert. Delegasi Pushidrosal dipimpin oleh Aspamkersamtas Danpushidrosal Kolonel Laut (E) Dr. Yanuar Handwiono, M.Sc. yang mewakili Komandan Pushidrosal dan didampingi oleh Paban Kersam dan Pabandya Kersam Luar Negeri Pushidrosal.

Adapun agenda dan kegiatan pada pertemuan tersebut di antaranya penyampaian National Report oleh tiap Negara Anggota NIOHC (Member dan Associate Member). Dimana pada sesi National Report ini bertujuan untuk menyampaikan informasi perkembangan yang telah dicapai oleh Lembaga Hidrografi masing-masing negara anggota terkait dengan penyelenggaraan kemampuan survei hidrografi, kegiatan capacity building maupun kontribusi lembaga hidrografi pada bidang lain pada linglup nasional maupun regional seperti Search and Rescue (SAR) dan tanggap bencana alam. Pada penyampaian National Report Indonesia oleh Aspamkersamtas Danpushidrosal dan pada National report yang disampaikan oleh Negara lain (Inggris, Pakistan, Sri Lanka, Prancis dan India), disampaikan capaian kegiatan oleh Pushidrosal sebagai lambaga hidrogafi nasional Indonesia, serta tanggapan berupa apresiasi atas peran aktif Indonesia dalam program capacity building, baik dalam hal pengiriman personel untuk mengikuti kegiatan capacity building di negara tersebut maupun menjadi tuan rumah kursus dan pendidikan hidrografi oleh negara anggota yang lainnya.

Baca Juga :   KETUA CBS JALASENASTRI SESKOAL MELAKSANAKAN KUNJUNGAN KERJADI ISTANA KEPRESIDENAN CIPANAS DAN BATIK BOGOR

Agenda menonjol lainnya pada pertemuan NIOHC ke 20 ini adalah penyampaian laporan hasil sidang dewan (council) IHO, sidang majelis (assembly) IHO dan berbagai program kerja IHO oleh Direktur IHO Abri Kampfer, serta penyampaian proposal Mauritius untuk dapat menjadi Anggota tetap/full member di NIOHC, selain penyampaian perkembangan komite dan kelompok kerja/working group di NIOHC yang meliputi North India Chart Coordination Working Group (NICCWG), NIOHC Capacity Building dan NIOHC Statute Working Group, dan laporan koordinator NAVAREA VIII yang disampaikan oleh India dan koordinator NAVAREA IX yang disampaikan oleh Pakistan.

Baca Juga :   Babinsa Klorogan Bersama Perangkat Dan Warga Desa Laksanakan Karya Bakti Bersihkan Kanal Air

Pada pertemuan hari ketiga, selain penyampaian pandangan tentang proporsal Mautitius, dan konklusi akhir oleh Chairman, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Ketua/Chair NIOHC. Berdasarkan keputusan bersama, disepakati secara aklamasi Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua NIOHC disetujui secara aklamasi untuk ditetapkan menjadi Ketua NIOHC menggantikan Sri Lanka. Rangkaian agenda kegiatan pertemuan ke-20 NIOHC diakhiri dengan penyerahan secara simbolis bendera kepemimpin NIOHC oleh Sri Lanka kepada Indonesia sebagai ketua NIOHC tahun 2021-2023 yang diikuti dengan sambutan dari Indonesia, dalam hal ini Komandan Pushidrosal yang disampaikan oleh Aspamkersamtas Danpushidrosal

Komandan Pushidrosal, Laksamana Madya Dr. Agung Prasetyawan MAP pada sambutannya yang dibacakan oleh Aspamkersamtas Pushidrosal, menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh negara anggota atas kepercayaannya dan ucapan terimakasih kepada Srilanka yang telah melaksanakan tugas sebagai ketua NIOHC pada periode waktu 2019-2021.Selanjutnya Komandan Pushidrosal juga menyampaikan bahwa terpilihnya Pushidrosal sebagai Ketua (Chairman) NIOHC ini, selain merupakan prestasi bagi Pushidrosal dan TNI AL di tingkat Internasional yang juga merupakan wujud kepercayaan serta pengakuan dari negara di wilayah regional NIOHC kepada Indonesia yang tidak terlepas dari kontribusi serta peran aktif Indonesia/Pushidrosal dalam berbagai kegiatan hidrografi di lingkup regional maupun global untuk mendukung keselamatan bernavigasi di laut, selanjut pada saat menutup sambutannya dan menerima menerima ucapan selamat serta apresiasi dari seluruh peserta konferensi NIOHC ke 20 kepada Indonesia, juga disampaikan ajakan Komandan Pushidrosal kepada seluruh negara anggota NIOHC untuk bersama sama meningkatkan Kerjasama dan interaksi di bidang Hidrografi ini dapat semakin meningkatkan kontribusi lembaga hidrografi dalam turut menjamin situasi regional yang aman, khususnya bagi masyarakat maritime pengguna laut.

Baca Juga :   Menjelang Sertijab Pangdam Jaya mengambil Apel Luar Biasa Secara Virtual

(Red)

Komentar

News Feed