oleh

Lapas Tanjung Raja Gelar Kegiatan Skrining TBC Dengan Intervensi Ronsen Dada Bagi WBP

-Berita-108 Dilihat

Andalas.News, Tanjung Raja – Menindaklanjuti surat edaran Direktorat Jendra Pemasyarakatan melalui  Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi tentang Skrining TBC dengan Intervensi Ronsen Dada, hari ini Lapas Tanjung Raja Kemenkumham Sumsel menggelar kegiatan Active Case Finding (ACF)kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Rabu, (30/8).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasubsi Bimkemaswat Lapas Tanjung Raja, Try Wahyudi.

Try menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu akselerasi program penanggulangan Tuberkulosis (TBC) untuk meningkatkan penemuan kasus TBC undetected melalui upaya aktif mencari orang yang berisiko, bergejala dan melakukan deteksi.

Baca Juga :  Lapas Tanjung Raja Terima Kunjungan Kasubid Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan, Dan Rehabilitasi Kanwil Kemenkumham Sumsel

Lebih lanjut Try juga menjelaskan setiap warga binaan nantinya akan melakukan tiga tahapan pemeriksaan, yakni Skrining Gejala, Skrining CXR, dan Pemeriksaan TCM.

Kegiatan Skrining di Lapas Tanjung Raja sendiri akan digelar selama 4 hari, dari tanggal 30 Agustus hingga 2 September mendatang.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari WHO pada Global TB Report tahun 2022, Indonesia merupakan peringkat ke-dua, negara dengan beban Tuberkulosis (TBC) tertinggi di dunia setelah India, dengan perkiraan jumlah kasus baru TBC mencapai 969.000 (354/100.000 penduduk).

Baca Juga :  8 Hari Tanpa Jeda, SKD CPNS Kemenkumham Sumsel Resmi Berakhir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *