oleh

Lapas Tanjung Raja Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Harkitnas 2022

-Berita-851 Dilihat

Andalas.News, Tanjung Raja – Bertempat di lapangan upacara, pagi tadi Lapas Tanjung Raja Kemenkumham Sumsel menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS). Jumat (20/5) .

Peringatan HARKITNAS yang diperingati setiap tanggal 20 Mei ini merupakan peringatan yang ke-114 dengan mengusung tema “AYO BANGKIT BERSMA”.

Kegiatan upacara ini diikuti oleh seluruh pegawai serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Tanjung Raja.

Kalapas Tanjug Raja, Batara Hutasoit selaku pembina upacara membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate.

Baca Juga :  Perkuat Tupoksi, Jajaran KPLP Lapas Tanjung Raja Kemenkumham Sumsel Laksanakan Rapat Regu Pengamanan

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. Tema yang HARKITNAS “ Ayo Bangkit Bersama “ merupakan seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Dilanjutkan pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.

Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

“Semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa”, ungkap  Johnny G. Plate.

Baca Juga :  Lapas Tanjung Raja Terima Kunjungan Kadivpas Kemenkumham Sumsel

Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, Johnny G. Plate berharap hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.

“Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat” tutupnya.

Usai membaca pidato Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate Kalapas Tanjung Raja, Batara Hutasoit mengharpakan kepada seluruh warga binaan untuk dapat memaknai Hari Kebangkitan Nasional.

Baca Juga :  Lapas Tanjung Raja Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Peringatan HDKD Ke-78

Batara juga meminta seluruh warga binaan untuk selalu mengikuti program pembinaan yang ada dilapas. Baik pembinaan kepribadian, kemandirian, maupun kerohanian.

Lebih lanjut, Kalapas mengharapkan warga binaan untuk terus mentaati tata tertib yang ada, dan menjadikan Lapas Tanjung Raja sebagai rumah sendiri.

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *